Kamis, 04 Desember 2014

Frugal Living Ideas

Belakangan ini ramai tentang perdebatan soal kenaikan harga BBM bersubsidi,pro kontra sana-sini,demo sana-sini. Saya pribadi sih setuju-setuju aja,asalkan benar dana subsidinya dialihkan untuk hal yang bersifat pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum.
Hal ini pasti berdampak buat kehidupan sehari-hari dimana harga-harga kebutuhan pokok naik semua,sedangkan pemasukan segitu-gitu aja #curcol

Lalu saya ga sengaja nemu thread di forum emak-emak soal frugal living ideas. Adakah yang udah tau makna dari frugal living? Kalo bahasa kerennya sih pengiritan,maklumlah sebagai stay at home mom,kerasa banget perlunya pengiritan 😂

Kalo mau lebih jelasnya bisa di google soal frugal living ini.
Ini beberapa ke frugalan saya yang mulai saya terapkan :

1.mencuci pakaian pake mesin cuci 3hari sekali di siang atau pagi hari dimana saat beban pemakaian listrik lebih ringan. Lumayan buat ngirit tagihan listrik.

2.setrika baju yg sekiranya dipake keluar rumah/baju seragam kantor pak suami.sisanya lipet-lipet aja *emang males nyetrika sih*

3.bawa bekel makan siang dari rumah.lebih sehat dan irit tentunya.

4.rajin cari info diskonan (terutama diapers) di internet. Kalo pengguna clodi ga usah kali ya 😁

5.untuk belanja bulanan,kalo ada barang private label sperti tissu harganya lebih murah ketimbang yang bermerk. Atau bisa juga pake tisu roll untuk yg dikit-dikit ambil tisu.lebih murah dan dipakai seperlunya gak perlu selembar full hanya untuk bersihin noda kecil.

6.air cucian ikan dan beras untuk siram taneman

7.manfaatkan wi-fi untuk kegiatan ber internet

8.Gak pakai softener setelah nyuci,karena pas dijemur wanginya ilang,pakai semprotan pewangi untuk setrikaan,harga lebih murah dan awet wanginya.

9.bawa tas sendiri saat  belanja,diet kantong plastik.

10.kalaupun ada kantong plastik dirumah bisa sebagai alas tempat sampah

Apalagi yaa..sebenernya banyak sih hal-hal frugal lainnya. Intinya sih saat kita bisa menghemat satu hal,maka kita bisa mengumpulkan lebih buat hal yang lebih baik.

Kalo ada yang punya ide frugal living,boleh kok di share di komen :-)

1 komentar:

  1. Sessss, ini punyaku http://www.racunwarnawarni.com/2014/12/frugal-living-idea.html :D

    BalasHapus